Pages

Monday, February 18, 2013

Converting Visual Basic 6 to .Net

Pergantian ke Visual studio 2005 atau lebih dikenal dengan .Net pada saat ini, mungkin lebih kepada banyaknya kemudahan dan fitur yang ditawarkan oleh .Net Sebagai contoh kita dapat membangun aplikasi dengan cara yang lebih mudah dan cepat dalam hal perancangan layar, integrasi antar bahasa pemrograman, pengolahan aplikasi internet, aplikasi mobile dan lain sebagainya. ( Saya tidak bermaksud untuk mempromosikan produk Microsoft, tapi setidaknya teman-teman saya sudah membuktikannya).
Namun dibalik banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh .Net, banyak pula kendala-kendala yang muncul, khususnya bagi para orang-orang yang telah terbiasa membuat coding dengan menggunakan VB 6.0, karena perubahan yang terjadi cukup revolusioner, banyak sekali terjadi perubahan gaya pemrograman dan Type Variable.

Cara untuk melakukan convert atau Microsoft menyebutnya dengan upgrading adalah sebagai berikut :
Pada tampilan IDE Visual Studio 2005 pilih : File -> Open Project
Pilih Project yang telah kita kerjakan dengan menggunakan VB 6 kemudian klik Open.
Secara Otomatis VS 2005 akan menampilkan Visual Basic Upgrade Wizard
Pilih Next dan pilih type EXE.
Lalu tentukan tempat dimana kita akan menyimpan project yang telah di upgrade, kemudian klik Next.
Kita telah siap untuk melakukan upgrade, klik Next untuk melanjutkan
Visual studio akan melakukan proses upgrade secara otomatis.
Jika memang tidak ada kendala yang berarti, maka project anda telah berubah kedalam wujud .Net. Memang masih diperlukan sedikit penyesuaian coding, namun itu masih lebih baik daripada kita menulis ulang Coding yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan Script.

0 comments:

Post a Comment